Struktur Dasar Pemograman PHP


Setelah sebelumnya kita mempelajari mengenai pengenalan PHP dan cara instal Xampp di windows. sekarang kita akan melanjutkan mengenai struktur PHP yang perlu kita ketahui. 
oke, sekarang kitya langsung ke materinya. Script atau kode PHP biasanya terintegrasi atau berada didalam kode HTML. Jika anda pernah belajar HTML, Pasti mengetahui format dasar dari HTML seperti contoh dibawah ini : 
<html>
<head>
<title>Belajar PHP</title>
</head>
<body>
<?php echo "Ini adalah kode PHP"; ?>
<p>Bagian Ini adalah Dokumen HTML</p>
</body>
</html>
 Perhatikan kode baris 7 atau tulisan yang di tebalkan, itu adalah kode PHP yang di sisipkan di dalam dokumen HTML. untuk mencoba script diatas silahkan buat folder di server local yaitu di C:\xampp\htdocs\xampp (bagi yang memakai Xampp sebagai localhost) dengan nama Coba. silahkan buka aplikasi notepad/text editor untuk mengetikkan kode di atas. ketikkan kode diatas ke dalam notepad/text editor kemudian simpan file tersebut di C:\xampp\htdocs\xampp\coba yang telah di buat tadi dengan nama "contoh.php" tanpa tanda kutip.
Pastikan bahwa server anda telah dijalankan seperti pada posting sebelumnya. Lalu buka Web Browser anda dan ketikkan "http://localhost/coba/contoh.php" tanpa tanda kutip, lalu lihat hasilnya. Jika sudah berhasil maka muncul tampilan seperti di bawah ini:

 untuk menampilkan hasil dari kode php kita tidak harus menyisipkannya di dalam dokumen html, kita juga bisa menampilkan hasil dari kode php tanpa dokumen html. untuk mencoba nya silahkan modifikasi kode di atas menjadi seperti contoh di bawah ini, dan simpan dengan nama "contoh1.php" tanpa tanda kutip.
<?Php

echo "Ini adalah kode PHP <br>";
echo "halo, nama saya PHP";
 ?>
kemudian kembali buka web browser anda dan ketikkan http://localhost/coba/contoh1.php. kemudian akan muncul hasilnya seperti gambar dibawah :


 Selamat, anda telah berhasil menjalankan kode php tanpa dokumen html.


No comments:

Post a Comment