Cara Instal XAMPP di Windows

Pada posting berikut saya akan menjelaskan panduan instalasi server localhost. sebagai aplikasi pendukung untuk menjalankan program PHP. sebagaimana posting sebelumnya bahwa untuk menjalankan program PHP maka kita butuh paket software untuk menjalankan PHP.

Saya memilih Xampp karena program ini mudah digunakan, dan yang terpenting adalah gratis. XAMPP sendiri ada dua macam, yakni paket komplit dan satunya lagi adalah paket portable lite. XAMPP paket komplit itu isinya adalah:
  • Apache
  • MySQL
  • PHP
  • phpMyAdmin
  • FileZilla FTP Server
  • Tomcat
  • Strawberry Perl Portable
  • XAMPP Control Panel
Sedangkan XAMPP Portable Lite isinya hanya aplikasi PHP dan MySQL, lebih enteng dan cocok buat yang sering memakai kedua aplikasi tersebut.

nah, kita langsung aja ke panduan cara instalasi xampp. Berhubung saya memakai sistem operasi Windows, maka panduan ini juga diperuntukkan PC Windows aja.
  1. silahkan download paket aplikasi Xampp di : apachefriends.org terlebih dahulu
  2. Dobel klik file xampp yang baru saja Anda download, selanjutnya akan muncul jendela “installer language” seperti di bawah ini (Kadang pada proses ini muncul pesan error. Jika ada, abaikan saja dan lanjutkan dengan klik YES dan OK) 


  3. Klik NEXT. kemudian anda akan dibawa ke jendela untuk memilih komponen aplikasi yang akan di instal, pastikan semua komponen di sebelah kiri telah di ceklist semuanya.seperti gambar di bawah ini:
  4. kemudian klik NEXT. kemudian anda akan diminta untuk menetukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. sebaiknya lokasi penyimpanan biarkan saja secara default yaitu di  C:\Xampp. tapi jika anda ingin merubah silahkan klik Brows. seperti pada gambar di bawah ini:
  5. lanjutkan menekan tombol next sampai muncul jendela Ready to Instal, kemudian klik Next untuk memulai proses Instalasi Program .Tunggu beberapa menit hingga proses intalasi selesai. Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.

Selanjutnya, kita akan melihat apakah program yang kita instal tadi telah berjalan dengan baik atau belum, silahkan ikuti langka-langkah berikut ini :

  1. Bukalah aplikasi XAMPP, bisa melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP.
  2. Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. untuk menjalankan program PHP kita hanya perlu menakan tombol start pada apache dan mysql saja. seperti pada gambar di bawah ini :

  3. Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan http://localhost/xampp atau http://127.0.0.1/xampp di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.
Selamat, Anda berhasil menginstal aplikasi XAMPP. Sekarang komputer Anda sudah berfungsi seperti server dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis web. sekarang anda elah siap untuk menjalankan kode program PHP di komputer saudara. untuk penulisan kode/script PHP akan di bahas pada posting berikutnya. 

No comments:

Post a Comment